Selasa, 30 Oktober 2012

SELALULAH BERFIKIR SOLUSI



SELALULAH BERFIKIR SOLUSI

            Katakan pada diri Anda, bahwa solusi selalu menjadi yang terdepan. Seperti kita tahu, manusia adalah sosok yang selalu dirundung masalah. Setiap masalah datang dan pergi silih berganti. Bukan dengan berlari kita menghadapinya, namun justru dengan kejantanan jiwa dan keteguhan hati. Biarlah masalah itu datang, karena memang ia harus datang. Jangan hanya menghindar dan menghindar terus menerus. Karena menghindari masalah, bukan jawaban. Namun masalah harus diatasi dengan solusi. Oleh sebab itu, selalulah mengedepankan solusi.
            Penyakit kita yang sering kambuh tatkala masalah datang adalah suka mengkambinghitamkan orang lain. Seolah-olah semua kalangan dibuat orang lain. Kita merasa sama sekali tidak melakukan kesalahan. Semua orang yang menurut kita salah, kita sebut satu persatu dengan ringan tanpa beban. Namun giliran kita mengevakuasi diri kita, tak satu pun kesalahan yang layak kita akui. Kesombongan kita nampaknya masih terlalu besar untuk bisa dikalahkan.
            Selalu berfikir solusi, meskipun konflik itu teramat dalam. Hentikan saling menyalahkan dan lakukan prioritas-prioritas jalan keluar. Identifikasi konflik secara detail juga sangat penting. Siapa yang berkonflik, Anda dengan siapa? Sejauh apa hubungan Anda selama ini? Lalu apakah resiko terbesar bila konflik tidak teratasi? Begitu seterusnyya.. gali lebih dalam informasi tentang konflik jenis apa yang Anda hadapi.
            Maka dari identifikasi itu, lakukanlah proses pemilihan prioritas jalan keluar. Yakinlah bahwa jalan keluar itu pasti ada, kalau pun saat ini tak ada jalan keluar yakinlah suatu saat Allah pasti akan menunjukkannya pada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar